Thursday, June 16, 2011

Mari Berkomunitas di Faceblog

Mari Berkomunitas di Faceblog

Pada dasarnya manusia membutuhkan manusia lainnya. Hukum inilah yang mendorong setiap orang untuk membangun kelompok dan komunitasnya. Kebuthan ini, bisa dilihat dengan maraknya organisasi, partai, dan kelompok-kelompok berdasarkan kesamaan permasalahan masing-masing individu.

Kondisi ini tidak hanya di alam nyata, tetapi terjadi juga di dunia maya seperti internet. Demam Facebook, Friendster, Myspace, dan demam jejaring sosial lainnya merupakan bukti kebutuhan akan hubungan sosial antar manusia. Menurut Maslov, ahli motivasi, merupakan urutan ketiga setelah kebutuhan Fisiologis dan Keamanan. Namun demikian, jika kita telaah, Kebutuhan Fisilsiologis seperti lapar, haus, seks dan kebutuhan ragawi lainya, bisa diperoleh jika komunikasi sosialnya baik. Demikian pula rasa aman akan terbangun jika hubungan sosial nya bagus pula. Sama halnya dengan kebutuhan lainnya dalam hirarki Maslow seperti Kebutuhan Penghargaan dan Aktualisasi diri. Semuanya saling kait mengkait sebagai relasi sosial.

Terkait dengan kebutuhan relasi sosial ini, terutama komunikasi di dunia maya, komunitas bloger di Indonesia memiliki jejaring sosial mirip dengan Facebook yang namanya Faceblog.

Sekilas tentang Faceblog
Dari data yang saya miliki (search menggunakan Webrank Stat), Faceblog adalah situs microbloging dengan menggunakan Conten Management System (CMS) Sharetronik. Alamat IP : 27.131.1.43 dan alamat hosting di Autralia. (mohon diralat jika infonya salah). Faceblog didirikan oleh Bang Elfas di akhir tahun 2010.

Pada Saat ini, Faceblog sedang mangadakan KONTES SEO (Seacrh Engine Optimizer) yang memperubutkan hadiah cukup lumayan. Bagi para bloger, webmaster, hadiah ini bukan masalah tetapi ajang uji kemampuan mereka terkait urusan SEO. Hal ini terlihat saat saya mencoba melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci Mari Berkomunitas di Faceblog, ternyata banyak situs yang Pageranknya tinggi ikutan lomba. Tentunya dampak kontes ini terhadap Faceblog berupa traffic di Alexa. Grafik naiknya mulai bulan April dan naik terus hingga Juni (saat tulisan ini dibuat).

Keuntungan jadi Members Faceblog bagi para bloger

Selain membangun hubungan sosial (termasuk jodoh he..he…) menjadi anggota jejaring sosial bisa turut menaikan ranking blog bagi para bloger, webmaster karena dengan muat link ke situsnya dapat menaikkan traffic (atau lalu - lintas) pengunjung situs. Dengan demikian banyak manfaat yang kita bisa peroleh dengan menjadi anggota dari suatu situs jejaring sosial seperti Faceblog.

Apa yang ditunggu?

Jika melihat manfaat timbal – baliknya, seruan yang bisa saya katakana MARI BERKOMUNITAS DI FACEBLOG karena daftarnya mudah, tidak bayar alias gratis, dan khusus para bloger yang ingin uji kemampuan dalam hal SEO, syart lombanya harus jadi anggota Faceblog. Jadi… apa yang ditunggu? ini kesempatan untuk memperkenalkan blog dan uji kemampuan kita.

Pemenang Kontes SEO “MARI BERKOMUNITAS DI FACEBLOG”

Jika melihat kriteria pemenang, : “Pemenang kontes ditentukan oleh posisi teratas pada halaman google.co.id” kelihatanya “ isi tulisan bukan masalah tetapi bagaimana tulisan dengan kata kunci MARI BERKOMUNITAS DI FACEBLOG bisa berada di peringkat teratas (10 besar karena dicari juara 1 – 10) pada mesin pencari Google. Dengan pemahaman sederhana itu, saya membuat tulisan sederhana tentang arti penting bersosialisasi termasuk lewat Faceblog situs jejaring sosial orang Indonesia. Menang dan Kalah bukan Soal tetapi saling mengkampanyekan, belajar menulis, dan uji kemampuan tentang SEO jadi tujuan tulisan ini. Semoga!!!

Penulis : John F. Lusikooy (http://faceblog.web.id/johnloez) untuk dilombakan di kontes SEO FaceBlog 2011
SUARA TENTENA

MARI BERKOMUNITAS

Mari Berkomunitad di Faceblog

LP2M POSO

SEKUMPULAN TULISANKU


1 komentar:

  1. ayo semangat.tapi sebaik-baiknya bersosialisasi sebenarnya adalah langsung berhubungan dengan orang lain tanpa perantara.semoga masuk 10 besar.yuk mari berkomunitas di faceblog

    ReplyDelete